Sabtu, 10 Maret 2012

MISTERI SIMBOL CANDI BOROBUDUR

sofi




Candi Borobudur adalah candi kuno peninggalan agama Budha pada masa Dynasti Syailendra,yang diarsiteki oleh GUNDHADHARMA dan dibangun sebagai tempat semedi,atau untuk mengheningkan cipta.

Nama Borobudur
dari kata Boro dan Budur, Boro berarti kuil atau candi, dari bahasa sansekerta "Byara".Sedangkan Budur mengigatkan kita pada bahasa bali yaitu "Beduhur" berarti di atas bukit.


Candi Borobudur dibangun di atas bukit dengan bentuk piramida berundak. Candi ini terbuat dari susunan batu andesit yang jumlahnya lebih dari 2.000.000 blok batu. Apabila kita perhatikan lebih jauh candi ini berbentuk stupa akan tetapi bila kita mendekatinya,terlihat dua benda atau gaya bangunan. bangunan atas berbentuk stupa induk berlandaskan tiga teras bulat,gaya ini menggambarkan gaya arsitektur India. Sedangkan bagian bawah merupakan bangunan piramida berundak,berbentuk persegi berbentuk banyak.Bentuk ini menggambarkan gaya arsitektur Jawa,akan tetapi dua bangunan tersebut merupakan satu kesatuan,dan keseluruhannya menyerupai stupa.




Stupa yang ada di candi Borobudur sesuai dengan konsep agama Budha merupakan replika daripada alam semesta. Candi Borobudur tidak mempunyai ruangan di dalamnya. Kita hanya dapat melihat dan mengaguminya dengan berjalan mengelilingi candi tersebut yang disebut "Pradaksina"(berjalan dari arah kanan).Menurut agama Budha berarti memberikan penghormatan pada roh-roh baik.

Bangunan candi Borobudur terdiri dari tiga bagian yang besar.
Bagian pertama dinamakan "KAMADHATU" yang menggambarkan alam kehidupan manusia yang sudah dapat mengendalikan hawa nafsu dilambangkan oleh bagian pondasi.
Bagian ke-2 dinamakan "RUPADHATU" menggambarkan alam kehidupan manusia yang sudah dapat mengendalikan hawa nafsu akan tetapi masih terikat oleh bentuk.
Bagian ke-3 dinamakan "ARUPADHATU" yang menggambarkan alam nirwana atau "Sunyata",dilambangkan tiga teras berbentuk lingkaran.





Di relung-relung pada tingkat Rupadhatu terdapat arca sebanyak 432 buah,yang disebut "Dyani Budha" yang mempunyai sikap tangan yang berbeda.Sikap ini disebut "MUDRA".
Pada sisi sebelah Timur disebut "Aksobya" dengan sikap tangan Bumi Sparsa yang melambangkan kekuatan iman.



Sisi sebelah Selatan disebut "Ratna Sambawa" dengan sikap tangan Wara Mudra melambangkan cinta kasih.



Sisi sebelah Barat disebut "Amitaba" dengan sikap tangan Dyana Mudra melambangkan sedang bersemedi atau meditasi



Sisi sebelah Utara disebut "Amogasidha" dengan sikap tangan Abhaya Mudra melambangkan tidak takut terhadap bahaya.


Mengikuti urutan Pradakshina yaitu gerakan mengelilingi searah jarum jam dimulai dari sisi Timur, maka mudra arca-arca buddha di Borobudur adalah:
Arca Mudra Melambangkan Dhyani Buddha Arah Mata Angin Lokasi Arca
COLLECTIE TROPENMUSEUM Boeddhabeeld van de Borobudur TMnr 10016277.jpg Bhumisparsa mudra Memanggil bumi sebagai saksi Aksobhya Timur Relung di pagar langkan 4 baris pertama Rupadhatu sisi timur
COLLECTIE TROPENMUSEUM Boeddhabeeld van de Borobudur TMnr 60013976.jpg Wara mudra Kedermawanan Ratnasambhawa Selatan Relung di pagar langkan 4 baris pertama Rupadhatu sisi selatan
COLLECTIE TROPENMUSEUM Boeddhabeeld van de Borobudur voorstellende Dhyani Boeddha Amitabha TMnr 10016276.jpg Dhyana mudra Semadi atau meditasi Amitabha Barat Relung di pagar langkan 4 baris pertama Rupadhatu sisi barat
COLLECTIE TROPENMUSEUM Boeddhabeeld van de Borobudur voorstellende Dhyani Boeddha Amogasiddha TMnr 10016274.jpg Abhaya mudra Ketidakgentaran Amoghasiddhi Utara Relung di pagar langkan 4 baris pertama Rupadhatu sisi utara
COLLECTIE TROPENMUSEUM Boeddhabeeld van de Borobudur voorstellende Dhyani Boeddha Vairocana TMnr 10015947.jpg Witarka mudra Akal budi Wairocana Tengah Relung di pagar langkan baris kelima (teratas) Rupadhatu semua sisi
COLLECTIE TROPENMUSEUM Boeddhabeeld van de Borobudur TMnr 60019836.jpg Dharmachakra mudra Pemutaran roda dharma Wairocana Tengah Di dalam 72 stupa di 3 teras melingkar Arupadhatu

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

mohon tulis coment kritike yo...dulur